Jumat, 05 November 2010

Bataliyon Zeni tempur 4

Batalyon Zeni Tempur 4/Tanpa Kawandya disingkat Yon Zipur 4/Tanpa Kawandya merupakan batalyon organik Kodam IV/Diponegoro, yang bermarkas di Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. Satuan ini merupakan salah satu dari 4 Batalyon Bantuan Tempur yang ada di bawah jajaran Kodam IV; adapun 3 Batalyon Bantuan tempur lainnya adalah: Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta (Kavaleri), Batalyon Artileri Medan 3 105/Tarik, Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 15.
Yon Zipur 4/Tanpa Kawandya terdiri dari 5 Kompi dan 1 Komando Batalyon bersama dengan 1 Kompi Zeni Tempur (Zipur) B, 1 Kompi Markas dan 1 Kompi Bantuan. 2 Kompi Zipur lainnya yang lokasinya terpisah adalah 1 Kompi Zipur A berlokasi di Slawi, Tegal dan 1 Kompi Zipur C di Ungaran, Semarang.
Seperti halnya Satuan Zeni diseluruh jajaran TNI AD yang dibina oleh Direktorat Zeni AD, Yonzipur 4/TK juga melaksanakan 9 Fungsi Zeni dalam pelaksanaan tugas pokoknya. Tidak ada identitas khusus bagi satuan ini seperti halnya Pasukan Reguler Kodam lainnya. Satuan ini menggunakan Baret abu-abu seperti yang dipakai oleh semua Satuan di jajaran Zeni AD, seragam Lapangan PDL bermotif loreng malvinas Inggris (berbentuk seperti goresan kuas yang belum selesai dengan arah melengkung saling bertumpuk) yang sudah dimodifikasi dengan warna hijau segar lebih mencolok, sedangkan motif asli Inggris warnanya lebih lembut (warna hijau kekuningan/ muda). Pakaian Dinas Harian (PDH) juga menggunakan standar pasukan reguler lainnya. Atribut yang dipakai adalah lengan kiri nama satuan "YON ZIPUR - 4" ditambah badge Kodam IV/Diponegoro, dan di lengan kanan badge lambang satuan bergambar macan tutul setengah badan dibordir benang warna hitam dasar hijau dan benang coklat muda dan hitam, putih, serta merah dasar kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar